Telkomsigma Dukung Percepatan Transformasi Perbankan Lewat BI-FAST

Akhir tahun ini Bank Indonesia (BI) segera merilis BI Fast Payment, layanan yang akan menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan beroperasi selama 24 jam. CEO Telkomsigma Bhimo Aryanto mengatakan, untuk menjalankan program BI-Fast perlu infrastruktur dan operasi yang kompleks. Untuk itu Telkomsigma dengan platform DigiX BI-FAST siap dukung percepatan transformasi di sektor perbankan.

 

”Waktunya semakin dekat, Bank dihadapkan fakta bahwa implementasi BI-Fast perlu ditunjang sistem operasi dan infrastruktur IT secara end-to-end. Namun, dengan memperhatikan operational excellence dan aspek cost leadership,” beber Bhimo dalam webinar DigiX “The Digital Payment Transformation” belum lama ini.

 

BI-Fast merupakan salah satu wujud dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 yang akan diproyeksikan sebagai alat pembayaran ritel nasional bagi para pelaku industri, ritel, dan UMKM melalui transaksi secara online yang direncanakan mulai berlaku pada akhir 2021.

 

Implementasi BI-Fast menjadi mandatory tools yang diperlukan guna mewujudkan aktivitas transaksi digital agar berjalan real-time baik di Bank atau Lembaga Keuangan Non-Bank dan nasabah selama 24×7 guna mempercepat sistem kliring transaksi keuangan.

 

Bhimo menyebut bahwa Telkomsigma memiliki platform DigiX BI-fast sebagai ekosistem solusi yang dikemas end-to-end. “DigiX juga menganut Open API, sehingga perbankan dengan mudah dapat mengintegrasikan antara Bank dan fintech, serta aplikasi lainnya,” tandas Bhimo.

 

Selain itu, ia melanjutkan, teknologi Artificial Intelligent dan Machine Learning akan meningkatkan value bagi Bank dalam memberi layanan sesuai customer experience nasabah.

 

Bhimo mengklaim, solusi DigiX dapat mendukung setiap Bank, khususnya buku 1 dan 2 atau menyasar 70% segmen perbankan di Indonesia untuk mengimplementasi sistem ini dengan cepat dan mudah. ”Juga, terjangkau dalam biaya implementasi. Sebab, kami memiliki skema managed services yang efektif dan efisien, juga sesuai spesifikasi teknis dari Bank Indonesia,” ungkapnya.

 

Direktur Business & Sales Telkomsigma Tanto Suratno menyebut bahwa komponen solusi dari DigiX cukup beragam. Antara lain, aplikasi BI-Fast module yang merupakan converter ISO 20022 beserta infrastruktur module, infrastruktur untuk BI-Fast connector, Host Security Module (HSM), Database Oracle, Network & Security berstandar ISO 27000, serta managed services untuk mendukung aspek operasional dan sistem monitoring.

 

Tanto mengatakan, solusi DigiX berorientasi pada skalabilitas bisnis melalui opsi penggunaan resources yang fleksibel. ”Sehingga komponen sistem dari DigiX dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan perbankan,” ungkapnya. Sebagai dampaknya, bank tidak perlu langsung memiliki 100 TPS di awal, namun dapat dimulai dari jumlah kecil.

 

Nah, untuk memenuhi aspek requirement menyeluruh, DigiX-BI Fast dirancang sebagai all-in one solution yang meliputi seluruh ekosistem infrastruktur, module front-end & backend, dan juga connector yang dapat dimanfaatkan oleh perbankan untuk menenuhi kriteria dan standar operasi dari sistem BI-Fast.

 

Tanto juga menyebut bahwa Telkomsigma saat ini tidak hanya sebagai penyedia end-to-end IT Services dan Cloud, tapi juga Data Center Tier III.

 

Dapatkan informasi terbaru seputar teknologi informasi hanya di blog ini

 

Source: TeknoSindonews

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!