Menurut Frost & Sullivan, pasar pengantaran makanan global sebesar US$82 miliar pada tahun 2018, dan diprediksikan akan menjadi lebih dari dua kalinya pada tahun 2025. Mayoritas konsumen saat ini lebih memilih untuk menunggu makanannya sambil melanjutkan aktivitas dibanding menyisihkan waktu untuk jalan dan mengantri untuk dalam melakukan pemesanan. Terutama eksekutif muda dan milenial, mereka bersedia membayar lebih demi efisiensi waktu. Pada artikel ini akan membahas mengenai Tren Cloud Kitchen yang populer sejak pandemi Covid-19.

 

 

Apa itu Cloud Kitchen?

Cloud kitchen atau biasa dikenal dengan ghost kitchen adalah restoran yang hanya melayani pesan antar tanpa tempat makan untuk pelanggan. Oleh karena itu, cloud kitchen beroperasi secara tidak terlihat. Berbasis teknologi, cloud kitchen menjadi solusi praktis untuk menekan biaya operasional karena tidak perlu modal yang besar.



Kenapa Cloud Kitchen Menjadi Tren Saat Ini?

Cloud kitchen sangat populer semenjak pandemi covid-19 sampai saat ini,  banyak bisnis makanan yang mengadopsi model tersebut. Cloud Kitchen menyediakan cara yang hemat biaya bagi bisnis makanan untuk menyiapkan dan mengantarkan produk makanan dengan biaya yang minim dibandingkan dengan restoran yang memiliki tempat fisik. Menjadi tren saat ini karena kemampuannya untuk membantu bisnis makanan mengurangi biaya, memudahkan operasi, memanfaatkan teknologi dan beradaptasi dengan industri makanan yang terus berubah.



Bagaimana Cloud Kitchen Bekerja dan Manfaat Apa yang Didapatkan?

Cloud kitchen menjadi ruang dapur komersial yang menyediakan fasilitas dan layanan yang diperlukan untuk menyiapkan item menu untuk diantarkan dan dibawa pulang. Selain model yang mudah diadaptasi, cloud kitchen memberikan manfaat seperti berikut:

  • Pengelolaan Pesanan dan Pengiriman

Implementasi teknologi Cloud menyediakan kemampuan untuk menganalisis data seperti pola pesanan, preferensi pelanggan, dan preferensi pada sebuah menu. Analisis ini dapat membantu dalam membuat keputusan strategis untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. 

 

  • Analisis Data

Teknologi cloud menyediakan kemampuan untuk menganalisis data seperti pola pesanan, preferensi pelanggan, dan preferensi pada sebuah menu. Analisis ini dapat membantu dalam membuat keputusan strategis untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi cloud dan bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda, silakan menghubungi kami di floucloud.id

 

Let’s Accelerate with Flou Cloud,

Let’s Grow and Flow!

#TransformWithUs

Temukan artikel menarik lainnya di Blog FLOU Cloud.

Author: Luthfi Faqihuddin

Editor: Rhozi

Source: Frost

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!